Sabtu, 13 Agustus 2011

Mudahnya Membuat Bahan Ajar Berbasis Flash

Sebagai pendidik kita tidak pernah lepas dengan yang namanya BaBu (Bahan Ajar dan Bahan Uji). Saat ini adalah era digital, sejalan dengan itu bahan ajar bisa dibuat dengan berbasis ICT/TIK. Untuk membuat bahan ajar berbasis ICT menggunakan beberapa software (aplikasi) diantaranya adalah Power Point, Flash, dan Exe.

Power Point sudah akrab di telinga kita, yaitu aplikasi yang berbasiskan presentasi, sehingga tampilannya berupa sekumpulan slide. Flash (Adobe Flash) aplikasi untuk membuat animasi (gambar bergerak) bisa juga dipakai untuk membuat bahan ajar. Exe adalah aplikasi khusus yang sengaja dikembangkan untuk membuat bahan ajar berbasis web.

Bahan Ajar Flash

Kelebihan bahan ajar flash adalah menarik dan dapat diintegrasikan dengan Elearning. Kekurangannya adalah membutuhkan waktu agak lama dalam pembuatannya. Membuat bahan ajar flash bagi kebanyakan guru tidak mudah, karena membutuhkan ketelitian, adanya bahasa program (action script), seperti waktu guru sudah banyak tersita di pelaksanaan pembelajaran dan administrasi pembelajaran. Belum lagi keterbatasan penguasaan TIK. Akibatnya pengembangan bahan ajar berbasis flash ini sangat sulit

Bahan Ajar Power Point

Kelebihan power point adalah mudah dalam pembuatannya dan menarik, karena dalam power point kita juga dapat memasukkan animasi, gambar, suara dan video. Kekurangannya adalah tidak dapat diintegrasikan dengan Elearning.

Bahan Ajar Exe

Kekurangan di flash (sulit pembuatannya) dan di power point (tidak dapat diitegrasikan dengan Elearning) dapat diatasi oleh Exe. Dengan Exe kita kita terasa mudah membuat bahan ajar dan keunggulannya dapat diinegrasikan dengan Elearning. Di dalam Exe juga dapat kita masukkan animasi, gambar, suara, dan video.

Konversi dari Power Point Ke Flash
Seperti penjelasan di atas bahwa membuat bahan ajar berbasis flash kadang tidak mudah. Namun dengan software khusus kita dapat mengkonversi file power point menjadi file flash (format swf). Setelah kita konversi maka kelebihan yang kita dapat adalah:
1. Ukuran file menjadi lebih kecil, sehingga lebih mudah diunggah ke internet
2. Bisa kita integrasikan dengan Elearning.
Software yang kita gunakan untuk mengkonversinya adalah ispring. Software ini ada 2 versi, free dan berbayar. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungi webssite resminyawww.ispringsolutions.com/ . Untuk yang versi free Anda dapat buka tautan ini.

Yang perlu diketahui bahwa setelah ispring kita install, maka software ini terintegrasi dengan Power Point. Jadi tidak berdiri sendiri. Ketika Anda membuka Power Point, perhatikan menu yang muncul yaitu ispring. Kini membuat bahan ajar flash tidaklah sulit

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...