Rabu, 21 Desember 2016

Pengembangan Penilaian Berbasis TIK SMA RUJUKAN SMAN 1 TANJUNG

Pada hari rabu tanggal 21 September 2016, SMA NEGERI 1 TANJUNG mengadakan Workshop Pengembangan Soal Berbasis Aplikasi (Google Classroom) yang diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan SMA NEGERI 1 TANJUNG serta beberapa perwakilan guru dari sekolah imbas yaitu SMAN 1 PEMENANG,SMAN 2 TANJUNG, SMAN 1 GANGGA, SMAN 1 KAYANGAN, dan SMAN 1 BAYAN.
Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang lain dan telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Lombok Utara Drs. Suhrawardi, M.Pd. Nara sumber dari Workshop Pengembangan Soal Berbasis Aplikasi (Google Classroom) ini adalah Moch. Fatkoer Rahman, S.Pd. Beliau adalah seorang guru Matematika yang bertugas di SMAN 1 TANJUNG dan diberi amanat sebagai waka kurikulum. Beliau sudah melanglang buana di dunia teknologi dan informasi terutama yang berhubungan dengan dunia pendidikan. 


Workshop Pengembangan Soal Berbasis Aplikasi (Google Classroom) ini meggunakan aplikasi Google Classroom. Kenapa sekolah memilih aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi pembelajaran yang lain? hal ini karena Google Classroom lebih nudah diakses walaupun kondisi jaringan internet kurang baik,pengperasiannya lebih mudah dari aplikasi yang lain baik dalam pembuatan soal kuis, pengisian konten pembelajaran, maupun dalam pemberian tugas.


Workshop Pengembangan Soal Berbasis Aplikasi (Google Classroom) ini dimulai pada pukul 14.00 WITA hingga selesai.

Suasana Workshop









Workshop ini terbagi dalam beberapa sesi antara lain:

  1. Sesi I : pengenalan Google Classroom kepada peserta workshop
  2. Sesi II : Pemberian materi Google Classroom yaitu membuat kelas, membuat konten pembelajaran. Konten pembelajaran terdiri dari cara membuat soal pilihan ganda,soal uraian dan tipe soal yang lain. Kemudian cara memberikan pertanyaan, penugaan, dan ulangan harian kepada siswa hingga sampai pada melakukan penilaian
  3. Sesi III : Peserta workshop berlatih membuat soal pilihan ganda,soal uraian dan tipe soal yang lain. Kemudian memberikan pertanyaan, penugaan, dan ulangan harian kepada siswa hingga sampai pada melakukan penilaian



Hasil dari worhshop ini adalah
  1. Guru dan Tenega Kependidikan telah mampu menggunakan Google Classroom dalam proses pembelajaran untuk diterapkan di kelas masing-masing sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.


Sekian, Terima Kasih



















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...